Cara Membuat Google Form | Lengkap Dengan Gambar

Apa Itu Google Form ?

Google Form merupakan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat formulir dengan tujuan untuk mrgumpulkan data. Form atau formulir berbasis web dapat dibagikan kepada responden dengan mengirim email, membagikan tautan atau bisa juga menyematkannya ke halaman web atau posting blog. Data yang terkumpul akan disimpan dalam spreadsheet.

Google Form dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi dari melalui survey, polling,  atau kuis (google kuesioner). Kemudian informasi tersebut akan terhubung ke lembar spreadsheet  untuk dicatat jawabannya secara otomatis dan real time. Bahkan Anda juga dapat mengatur notifikasi email, sehingga saat ada respon baru yang masuk  Anda akan menerima email.
Google Form terdiri dari dua bagian, yaitu formulir utama dan spreadsheet yang disinkronkan dengan akun Google untuk secara otomatis memformat data yang dikumpulkan. Data akan masuk secara otomatis dari formulir ke dalam spreadsheet sehingga meminimalkan resiko kesalahan pada administrasi.

Google Form merupakan bagian dari Google Drive. Sehingga, untuk menggunakan aplikasi ini hanya diperlukan akun Google yang sama dengan Anda gunakan untuk mengakses Gmail, YouTube atau Google Drive.

Cara Membuat Google Form

Bagaimana Cara Membuat Google Form yang bagus ? Pada artikel ini kita akan membahas cara buat Google Form secara mudah, termasuk diantaranya cara membuat kuesioner di Google Form.

Cara bikin Google Form sangatlah mudah, hanya membutuhkan waktu dan kesabaran. Syarat untuk membuat Google Form adalah hanya perlu memiliki akun Google. Simak Cara membuat Google Form dibawah ini.

Berikut ini Cara membuat Google Form :


  • Masuk ke halaman https://docs.google.com/forms.
  • Kemudian Masuk ke akun Google Anda.
  • Sesudah Anda login ke Google Form menggunakan akun Google, maka akan diarahkan ke halaman utama. Selanjutnya buat  Google Form baru menggunakan lembar kosong (Blank Sheet) atau menggunakan template yang sudah ada.
  • Klik tanda plus (+) yang berada pada bagian sudut kiri atas untuk mulai membuat formulir.
  • Kemudain berikan judul formulir pada bagian Formulir tanpa judul dan menambahkan deskripsi di bawahnya.
  • Selanjutnya Klik tanda plus sebelah kanan untuk menambahkan setiap pertanyaan. Tambahkan judul dan deskripsi dari pertanyaan, kemudian tambahkan gambar atau video jika diperlukan.
  • Selanjutnya  pilih jenis jawaban dari pertanyaan dengan klik tanda panah di sebelah kanan. Anda dapat memilih jenis berupa jawaban pendek (short answer), paragraf, pertanyaan pilihan ganda (multiple choice), kotak centang (checkboxes), menu drop down dan sebagainya. Tergantung pada jenis pertanyaan yang digunakan. Silahkan mengaktif opsi wajib isi dengan mengaktifkan tombol Required pada bagian bawah setiap pertanyaan.
  • Anda dapat  mengubah tampilan form dengan klik ikon palet lukisan pada bagian kanan atas layar untuk menyesuaikan  tema formulir, seperti gambar header, warna tema, warna latar belakang dan font.
  • klik pengaturan pada ikon roda gigi di bilah kanan atas untuk menyesuaikan formulir Anda lebih lanjut,.

Berikut adalah beberapa pilihan pada bagian pengaturan :


  • Umum : Kumpulkan alamat email (collect email address) dari responden pada formulir, pilih apakah responden akan menerima salinan dari tanggapannya jika diminta atau dikirim secara otomatis, apakah memerlukan login dan membatasi hanya untuk satu tanggapan, pilihan untuk responden apakah bisa mengedit detil tanggapannya setelah mengirim dan melihat bagan ringkasan serta tanggapan teks. 
  • Presentasi : Aktifkan item untuk ditampilkan pada formulir Anda seperti bilah kemajuan, mengacak urutan pertanyaan atau menampilkan tautan untuk submit tanggapan lain.
  • Kuis : Ubah formulir menjadi kuis, yang akan menetapkan nilai poin untuk setiap pertanyaan dan mengizinkan penilaian otomatis. Beri pilihan apakah responden bisa melihat pertanyaan yang terlewat, jawaban yang benar dan nilai poin.

Untuk melihat pratinjau formulir Google Anda, klik ikon mata di bilah alat kanan atas layar kemudian akan diarahkan pada jendela baru dan pastikan form sesuai dengan yang anda inginkan.
Saat Formulir Google sudah jadi, kini saatnya Anda membagikannya kepada orang lain untuk berpartisipasi dan mendapat respon dengan cara klik tombol Send / Kirim di kanan atas layar. Google Form menawarkan beberapa cara untuk membagikan formulir Anda, yaitu kirim via email, via link dan via embed HTML.
Jika memilih opsi kirim via email, Anda dapat memasukkan banyak alamat email untuk mengundang orang mengisi formulir. Pada bagian subjek dan pesan sudah terisi secara default, tetapi Anda dapat mengeditnya. Klik Send / Kirim untuk mengirim formulir.

Di bagian opsi kirim via email ini juga terdapat tautan untuk menambahkan kolaborator di mana Anda bisa berkolaborasi dengan anggota tim atau rekan kerja untuk membantu memberikan masukan dan mengedit formulir. Anda juga dapat mengambil tautan dan berbagi melalui media sosial atau mengundang orang lain melalui email.

Jika memilih opsi kirim via link, Anda hanya perlu mengklik Copy untuk menyalin link URL ke papan klip Anda. Untuk mendapatkan link URL lebih pendek, klik kotak Shorten URL sebelum klik Copy.

Pada opsi kirim via embed HTML, Anda bisa menyematkan formulir di posting blog atau situs web Anda serta mengatur lebar dan tingginya terlebih dahulu. Setelah selesai, klik Copy untuk menyalin link sematan.

Beberapa jenis pertanyaan dari Google Form dapat disesuaikan dengan tujuan Anda. Berikut ini adalah deskripsi dari setiap jenis pertanyaan dan kapan atau bagaimana menggunakannya.
Short Answer / Jawaban Singkat : Memungkinkan responden untuk memberikan jawaban singkat dengan beberapa kata saja, seperti nama,  alamat email, nama perusahaan atau sekolah, atau beberapa catatan kecil.

Untuk memastikan Anda mendapatkan jawaban sesuai kebutuhan, Anda dapat menetapkan aturan yang harus diikuti responden dalam menjawab pertanyaan, yaitu  dengan validasi input data.
Paragraph / Paragraf : Memungkinkan responden memasukkan jawaban yang lebih panjang dengan satu atau lebih paragraf. Anda dapat menggunakan jenis pertanyaan ini untuk mendapatkan umpan balik pelanggan, instruksi pengiriman khusus, atau penjelasan masalah produk.


  • Multiple Choice / Pilihan Ganda : Merupakan kolom default untuk pertanyaan baru dalam Google Form yang membatasi responden dengan satu jawaban. Gunakan fitur ini untuk daftar jawaban kecil seperti pertanyaan kuis, memilih waktu appointment atau memilih hadiah.
  • Checkboxes  / Kotak centang : Memungkinkan responden memilih lebih dari satu jawaban dari daftar pertanyaan. Anda dapat menggunakan untuk memilih merek produk yang digunakan, beberapa jenis hewan peliharaan atau perangkat yang dimiliki.
  • Dropdown : Membatasi responden dengan satu jawaban, di mana responden memilih jawaban dari serangkaian pilihan di menu drop-down, tidak seperti jenis Multiple Choice. Dapat digunakan untuk memilih nama karyawan, negara atau kota, atau karier atau jenis bisnis.
  • File Upload / Unggah File : Memungkinkan responden untuk mengunggah file sebagai tanggapan terhadap pertanyaan. Anda dapat menyesuaikan jenis file, jumlah file dan ukuran maksimum file. Anda dapat menggunakan ini untuk tugas pendidikan atau tim proyek.
  • Linear Scale / Skala Linear : Untuk pertanyaan di mana responden dapat memilih dari skala bernomor. Pilih skala dari satu hingga 10 dan tambahkan label ke angka terendah dan tertinggi jika Anda mau. Ini bagus untuk survei kepuasan, umpan balik, atau pendapat.
  • Multiple Choice Grid / Kotak Pilihan Ganda : Untuk baris dan kolom kotak, pilih jenis ini. Responden dapat memilih beberapa jawaban di satu tempat, tetapi hanya satu per baris.
  • Checkbox Grid / Grid Kotak centang : Ini mirip dengan Multiple Choice Grid tetapi  responden dapat memilih satu atau lebih jawaban per baris.
  • Date / Tanggal : Responden harus memilih tanggal sebagai jawaban atas pertanyaan. Standarnya adalah hari, bulan, dan tahun. Secara opsional, Anda dapat memasukkan waktu dalam jawaban responden.
  • Time / Waktu : Jika Anda ingin responden memilih waktu dan durasinya untuk salah satu pertanyaan Anda, mereka cukup memasukkan jam dan menit, kemudian memilih AM atau PM dari daftar drop down.

Cara Menyimpan Respon di Google Sheets

Google Form menyimpan setiap jawaban dari responden secara otomatis. Secara default, setiap jawaban dari responden akan disimpan di tab Responses dan dilakukan pembaruan secara real time ketika responden menjawab pertanyaan. Di bagian ini akan ditampilkan grafik ringkasan dan daftar jawaban.

Namun jika formulir Anda memiliki banyak respon dan ingin cara yang lebih mudah dan mendalam dengan banyak alat untuk menganalisis data nantinya, maka Anda dapat menautkan formulir ke spreadsheet Google Sheets. Dengan data formulir Anda di spreadsheet, Anda dapat menggunakan rumus dan fungsi Google Sheets sehingga dapat menghitung nilai atau membuat grafik khusus untuk memvisualisasikan data Anda.

Untuk melakukan ini, pilih tab Responses di formulir Anda, dan kemudian klik ikon spreadsheet yang berwarna hijau atau klik Select Response Destination / Pilih Tujuan Respon di menu di sebelah kanan, lalu buat spreadsheet baru atau pilih yang sudah ada untuk menyimpan jawaban. Ketika responden menjawab setiap pertanyaan dalam formulir, tanggapan mereka secara dinamis muncul di spreadsheet Google Sheet yang dipilih.

Google Form selalu menyimpan salinan lengkap dari semua data formulir Anda. Jadi jangan khawatir jika Anda secara tidak sengaja menghapus sesuatu dari spreadsheet. Cukup buka pengaturan tab Responses dan putuskan tautannya dari spreadsheet Anda, atau klik menu di sebelah kanan lalu klik Unlink Form di dalam spreadsheet. Selanjutnya sambungkan kembali formulir ke spreadsheet Anda dan formulir Google akan menambahkan semua data formulir kembali ke lembar baru.

Demikian Artikel Cara Membuat Google Form dari Sampe Pintar. Semoga Bermanfaat

0 Response to "Cara Membuat Google Form | Lengkap Dengan Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel