Cara Daftar GoFood Merchant Terbaru 2020


Apa itu Go-Food dan Go-Food Merchant?

Sebelum lanjut ke cara daftar gofood, ada baiknya mengetahui apa itu gofood dan apa itu gofood merchant.

Cara Daftar Gofood | Sampe Pintar

Go-Food adalah salah satu layanan dari Go-Jek yang memungkinkan pengguna untuk memesan makanan tanpa harus mengeluarkan waktu untuk pergi ke tempat warung makan atau restorant yang diinginkan (food delivery). Pengguna cukup memesan makanan yang diinginkan melalui aplikasi Gojek dan pilih lokasi tujuan untuk pengataran makanan, setelah memesan makanan, tinggal menunggu makanan yang dipesan diantar oleh driver Go-Jek.

Go-Food Merchant adalah tempat usaha makanan atau warung yang telah terdaftar pada aplikasi GoFood. Makanan yang tersedia dilayanan GoFood adalah produk makanan yang disediakan oleh Go-Food Merchant.Jika memiliki usaha kuliner dan ingin memudahkan customer dalam melakukan pemesanan dengan memanfaatkan layanan Go-Food, Anda perlu mendaftarkan usaha Anda sebagai Go-Food Merchant.

Go-Food Merupakan Peluang Besar bagi Pengusaha Makanan

Menurut data yang di peroleh dari Google Play Store pada 23 Januari 2020, Aplikasi Gojek telah diunduh oleh lebih dari 50 juta orang. Dalam artian, aplikasi ini memiliki pengguna yang sangat banyak, itu karena memang semua fitur dan layanan yang diberikan Gojek sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Dari semua fitur dan layanan yang ada diaplikasi GoJek, GoFood merupakan layanan kedua setelah Go-Ride yang sering digunakan oleh pengguna.

Gofood bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan untuk bisnis kuliner dengan mendaftarkan usaha kuliner sebagai Go-Food Merchant. Dengan mendaftarkan usaha kuliner sebagai Go-Food Merchant, pengguna dari aplikasi Go-Jek bisa memesan makanan yang tersedia di usaha kuliner tersebut langsung dari aplikasi. Secara tidak langsung, usaha kuliner yang terdaftar di Go-Food Merchant dipromosikan melalui aplikasi Go-Jek yang memiliki pengguna lebih dari 50 juta orang, Fantastis Bukan?.


Ketentuan Daftar Go-Food Terbaru

Sebelum mulai mendaftarkan menjadi rekan usaha gofood, Perlu diketahui syarat dan ketentuan menjadi Partner Gofood merchant.


  • Semua Usaha Kuliner, Mulai dari restorsn bintang lima sampai dengan  usaha kuliner kaki lima, bisa bergabung dengan GO-FOOD.
  • Produk dari usaha kuliner yang dijual ready stock dan bukan produk pre-order
  • Usaha yang tidak memiliki meja atau tempat untuk makan di tempat bisa bergabung dengan GO-FOOD, dengan catatan memiliki penanda berupa spanduk atau plang yang mempermudah Driver untuk menemukan alamat merchan.
  • Semua jenis makanan dapat dijual selama sesuai dengan peraturan pemerintah Memiliki rekening bank berikut buku rekeningnya.
  • Menerima pembayaran melalui Go-Pay.
  • Bersedia dikenakan potongan 20% untuk setiap transaksi terselesaikan
  • Bersedia mengelola transaksi melalui aplikasi GO-BIZ
  • Melengkapi semua persyaratan dan informasi pendaftaran


Jika Kita lihat poin nomor 6 ini diterapkan pihak GO-JEK karena banyak kasus dimana pihak merchant / seller lalai dalam memenuhi kewajibannya membayar potongan transaksi GO-FOOD. Jadi Anda tidak menerima cash langsung pada setiap transaksi melainkan dalam bentuk saldo GO-PAY yang dapat Anda cairkan langsung setelah dikenakan potongan 20%.  

Dokumen dan Data Awal Persyaratan MerchantGoFood.

Sebelum melanjutkan pastikan Anda menyiapkan dokumen dan data dibawah ini yang diperlukan pihak GO-JEK.


  • Foto atau scan KTP / Paspor Anda (difoto dengan ponsel atau scan). Gunakan foto dengan resolusi sedang pada kamera handphone, karena batas ukuran file foto yang diperbolehkan untuk diupload maksimal 3MB. Pastikan juga semua jelas pada sisi depan KTP yang berisikan data Anda
  • Foto  atau scan NPWP Anda. Jika Anda memiliki NPWP maka foto atau scan dengan format yang  sama dengan KTP.
  • Foto atau scan buku tabungan dengan format yang sama dengan foto KTP dan NPWP, namun yang harus Anda foto / scan adalah halaman pertama dan kedua dari buku tersebut (bukan covernya). Nama pada  KTP, NPWP, dan rekening buku tabungan harus sama atau satu orang.
  • Data lain seperti,  alamat lengkap rumah, no telepon aktif, alamat lengkap  tempat usaha Kuliner, no telepon usaha kuliner. Jika Anda menjalankan usaha di rumah sendiri, maka data alamat rumah dan outlet / tempat usaha dapat disamakan. Jika Anda memiliki beberapa tempat usaha maka cantumkan semuanya.


Perlu diketahui bahwa semua data diatas baru data awal pendaftaran, nantinya Anda perlu siapkan beberapa foto dan informasi lainnya. Jika data diatas telah disiapkan, silahkan ajukan pendaftaran Anda melalui website GO-JEK di pendaftaran merchant / seller GO-FOOD. Pasikan mendaftar dengan no telepon dan email aktif, karena Anda akan diminta melakukan konfirmasi pendaftaran melalui email. Simak Cara Daftar Gofood dibawah.

Cara Daftar Gofood Online.

Setelah mengetahui apa itu Gofood dan Gofood Merchant sekarang lanjut ke langkah selanjutnya yaitu, Cara Daftar gofood secara online. Simak Cara Daftar gofood merchant secara online dibawah.
Cara Daftar Gofood Merchant | Sampe Pintar


  • Pertama kunjungi website resmi Gojek https://www.go-jek.com/blog/cara-daftar-go-food
  • Pada halaman tersebut terdapat formulir pendaftaran yang harus diisi.
  • Setelah sudah terisi semua dengan benar, Klik pada kotak CAPTCHA sampai muncul tanda ceklist dan Klik “masukkan” pada bagian bawah. Selanjutnya Pihak Gojek akan memproses dan mengirimkan email konfirmasi.
  • Setelah mendapatkan email, Klik tombol selanjutnya yang ada pada bagian akhir email dan akan diarah ke halaman web yang berisi formulir lagi.
  • Formulir tersebut harus diisi dengan data lengkap mengenai usaha kuliner yang ingin didaftarkan.
  • Setelah semua formulir terisi dan lampiran dokumen sudah lengkap, Selanjutnya kirim formulir tersebut. Kemudian Pihak Gojek akan memproses pendaftaran.
  • Terakhir, Gojek akan mengirim email berupa Kontrak kerja sama Usaha kuliner dengan Gofood Merchant. Dengan kontrak tersebut pemilik usaha kuliner tidak perlu datang ke kantor Gojek lagi.

Ketentuan Daftar GO-FOOD Terbaru


Informasi ini telah tayang di IKUT.org: https://ikut.org/cara-daftar-go-food-terbaru/
Demikian artikel tentang Cara Daftar Gofood Secara Online. Semoaga Bermanfaat
Share Artikel ini kepada saudara da teman anda, Bantu agar usaha mereka berkembang bersama gofood.


0 Response to "Cara Daftar GoFood Merchant Terbaru 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel