Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Apa itu jaringan komputer?

Jaringan komputer diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri atas dua atau lebih komputer yang terhubung menggunakan media transmisi atau media komunikasi. Sehingga antar komputer dapat saling berbagi data, informasi, porgram aplikasi dan lainnya.

Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Sejarah jaringan komputer tidak terlepas dari perkembangan komputer itu sendiri, berawal dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1950an. Komputer pertama yang di hubungkan pada jaringan komputer adalah komputer mainframe atau miniframe yang di produksi oleh pabrikan komputer terkenal di zaman itu yaitu IBM.

Semakin berkembangnya teknologi menjadikan ukuran komputer semakin Kecil sehingga pada tahun 1970an komputer mainframe lah yang paling terlihat dominan di dunia perkomputeran.

Salah satu ciri khas mainframe dan miniframe adalah desainnya yang tersentralisasi menggunakan prinsip client server, hal ini menjadi sebuah cikal bakal jaringan komputer modern.

Pada tahun 1976 di Palo Alto Research Center Incorporated (PARC) yang di pimpin oleh Robert Metcalfe dan David Boggs mengembangkan teknologi yang memungkinkan Personal Computer (PC) bisa menggunakan printer secara bersama-sama dalam jaringan yang bernama Ethernet.

Dengan hadirnya ethernet, jaringan komputer di PC bukan lagi sebuah impian namun dapat menjadi solusi untuk pembuatan jaringan komputer paling murah dan handal.

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari penggunaan jaringan komputer.



  • Berbagi file secara langgsung menggunakan jaringan komputer dengan mudah.
  • Melakukan proses pengiriman file atau data secara cepat dan efisien.
  • Bisa sharing atau berbagi penggunaan hardware secara bersamaan dengan komputer yang berbeda menggunakan jaringan komputer.
  • Berhubungan dengan orang lain di berbagai belahan dunia dengan mudah menggunakan jaringan komputer.
  • Belajar dimana saja dan kapan saja secara online dengan menggunakan jaringan komputer.




Mungkin itu saja artikel Tentang Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel