Sistem Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Gampang

Percayalah, jangan menunggu hari tua untuk mulai investasi. Dapat dibilang investasi yakni salah satu metode membangun masa depan keuangan yang lebih bagus.

Ada pantasnya di umur muda dan produktif, hidup Anda tidak sekedar berfoya-foya, hura-hura, beli ini-itu, dan lainnya. Apalagi hingga menjadi konsumtif sebab alasan gaya hidup aka status sosial. Tanpa disadari finansial Anda dapat jebol dan ujung-ujungnya menyesal. Jangan hingga hal ini terjadi lho!

Saatnya, keuangan Anda imbangi dengan investasi. Melainkan....masih keder berkeinginan investasi apa? modalnya berapa? Terus gimana caranya? Terus bagaimana kalau belum punya banyak uang untuk berinvestasi?

Ada banyak pertanyaan terbesit bagi pemula dan keder mulai dari mana. Isu pantasnya, Anda tak perlu kuatir sebab zaman now ada produk investasi yang dapat dibeli dengan modal relatif murah dengan untung optimal, yakni reksadana.

Apa itu Reksa Dana?

Dikutip dari situs sah Bursa Efek Indonesia (idx.co.id), Reksa Dana diistilahkan sebagai Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat investor untuk berikutnya di investasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Dalam praktiknya, Manajer Investasi berprofesi disupport oleh energi profesional dalam pengelolaan investasi, yang terdiri dari Komite Investasi dan Regu Pengelola Investasi.

Sebagai ilustrasi, Anda tidak perlu modal modal puluhan juta untuk berinvestasi reksa dana. Sistemnya simpel, Anda cuma perlu menyimpan sejumlah uang untuk membeli reksadana, dan memilih tipe reksa dana yang diharapkan dan berikutnya, manajer investasilah yang akan mengelola investasi Anda.

Investasi Reksa Dana Online Mulai Rp10.000

Salah besar kalau Anda masih berdaya upaya investasi itu mahal. Reksa dana dipasarkan dengan harga relatif murah. Malah Anda dapat mulai investasi dengan modal mulai Rp10.000,-.
Di tahun 2019 ini, Anda dapat mulai investasi dengan modal Rp10.000,- beli produk reksadana online lewat e-commerce, yakni Tokopedia dan Bukalapak. Sementara, beli reksadana di marketplace investasi Bareksa, modal atau minimum pembelian reksadana saham mulai Rp100 ribu.
Beli reksadana harga murah atau mahal apa berimbas?

Baca Juga : Investasi Emas Paling Top Dikala Keadaan Genting, Ini Faktanya!

Perlu dipahami, return atau profit yang diwujudkan reksadana juga tak tergantung dari besar atau kecilnya poin pembelian permulaan pemberi modal.

Dengan modal yang minim Anda dapat mempunyai investasi reksadana dan menerima potensi profit yang lebih tinggi dibandingi dengan produk tabungan atau deposito bank.

Elemen penentu perubahan harga reksa dana bukanlah harganya namun diatur oleh kesuksesan taktik manajer investasi, keadaan harga pasar dari saham dan obligasi, serta elemen lainnya seperti keadaan fundamental perekonomian Indonesia.

Pahami bahwa tak ada akibat antara harga dengan daya kerja reksa dana Karena harga reksa dana yakni hasil dari pengelolaan portofolio investasi. Yang penting adalah track record dari daya kerja reksa dana dan manajer investasi serta prospek investasi ke depan.

Gambaran: Sebagai teladan kongkret, pada reksadana Mandiri Investa Atraktif dan Manulife Dana Saham, poin minimal pembelian permulaan masing-masing sebesar Rp50.000 dan Rp100.000. Sesudah satu tahun, reksadana saham Mandiri Investa Atraktif mempunyai profit 24,98% dan reksadana Manulife Dana Saham mempunyai return 22,98%. Terbukti, profit keduanya lebih besar dari yang dicatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), yakni cuma sebesar 21,63%.
Reksadana layak untuk investasi seluruh orang. Dapat dibilang investasi reksadana itu gampang, dan layak dipilih sebagai produk investasi bagi pemula atau investor kecil dan kelompok orang-orang yang tak mempunyai banyak waktu dan pengetahuan mendalam seputar literasi keuangan, terlebih untuk menghitung resiko atas suatu investasi.

Gambaran lainnya, misalnya Anda mulai menyisihkan uang sebesar Rp100.000 pada 30 November 2009, kemudian terus menambah investasi sebesar Rp100.000 tiap bulannya. Pada tanggal 1 selama lima tahun pada reksadana Manulife Dana Saham, uang Anda pada 28 November 2014 menjadi Rp7.784.544,76. Dengan penambahan uang tiap bulannya, modal permulaan perusahaan bertambah menjadi sempurna Rp6.100.000.

Sementara itu, return yang didapat dari investasi hal yang demikian sebesar Rp1.684.544,76. Sekiranya dibandingi dengan sempurna investasi, return yang diwujudkan sebesar 27,62%.
Sistem Mulai Investasi Reksadana

Sebelum Anda mulai membeli reksadana, tentukan dahulu apa tujuan Anda berinvestasi?
Apakah Anda punya cita-cita keuangan seperti menyiapkan tarif pengajaran si kecil sampai ke perguruan tinggi, membeli rumah asa di masa depan, tarif travelling ke negara asa, atau investasi untuk modal dana pensiun.

Tujuan ini akan berkaitan erat dengan rentang waktu investasi dan tipe reksadana yang pas untuk Anda. Tujuan juga dapat diterapkan sebagai semangat Anda. Percuma juga Anda investasi tanpa ada tujuan terang.

Sekiranya telah ketemu apa tujuan Anda, lakukan ini:

1. Pilih Platform Investasi 

platform investasi
Pertama-tama, tentukan dahulu platform investasi reksadana mana yang akan diterapkan. Pilih platform reksadana online yang memasarkan berbagai produk reksadana dari banyak manager investasi, jadi banyak opsinya.

Teladan platform supermarket reksadana online: Bareksa.com, Ipotfund (PT Indo Premier Securities), Bukalapak, dan Tokopedia.

2. Pahami Variasi-Variasi Reksa Dana

memahami tipe-tipe reksa dana
Ada berbagai tipe reksadana menurut jatah investasinya, yakni:

- Reksadana Pasar Uang

Jatah investasi reksadana pasar uang seluruhnya ditempatkan pada instrumen pasar uang antara lain, deposito berjangka, Akta Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), dan obligasi (jatuh temponya kurang dari satu tahun).

Keunggulan (+) : 

Reksadana pasar uang mempunyai risiko yang relatif benar-benar rendah dari sisi default, berkurangnya poin aktiva bersih (NAB), likuiditas, dan lainnya.
Dapat mulai investasi reksadana pasar modal dengan modal Rp100.000,-
Dapat dicairkan kapan saja, pencairan sebelum jatuh tempo tak dikenai penalti atau potongan.
Return (imbal hasil) investasi reksadana pasar uang lebih besar dibandingi deposito bank.
Waktu investasi benar-benar fleksible, dapat 1 hari, dapat 10 hari, dan lainnya. Konsisten menerima return yang sama.

Pantas dipilih untuk investasi rentang pendek.

- Reksadana Pendapatan Konsisten

Jatah investasi reksadana pendapatan konsisten adalah penempatan dana pada efek utang atau obligasi dengan komposisi minimal 80%. Surat utang atau obligasi dapat berupa obligasi pemerintah atau korporasi (perusahaan).

Keunggulan (+) : 

Reksadana ini mempunyai tingkat pengembalian yang stabil sebab mempunyai aset surat utang (obligasi) yang memberikan profit berupa kupon secara rutin.
Dapat mulai investasi reksadana pasar modal dengan modal Rp100.000,-
Return (imbal hasil) lebih tinggi ketimbang reksadana pasar uang, lazimnya dapat naik lebih dari 10% per tahun.

Poin aktiva bersih (NAB)  - nya cenderung naik stabil dan tak banyak berfluktuasi (naik-turun).
Pantas dipilih untuk investasi dengan rentang waktu menengah adalah 1 tahun - 3 tahun.
Pantas untuk pemberi modal dengan karakter konservatif dan moderat. Pemodal yang mau investasi modal permulaan (pokok investasi)-nya aman dan tak berkurang, namun konsisten dapat mendapatkan untung.

Risikonya sedikit lebih tinggi dibanding reksadana pasar uang.

- Reksadana Campuran

Reksadana campuran mengalokasikan dananya di beragam instrumen keuangan sekalian, seperti deposito, surat utang (obligasi), pasar uang dan saham.

Keunggulan (+) : 

Reksadana campuran defensif :

Profil risiko lebih rendah dengan komposisi penempatan sebesar 70-80% pada obligasi dan instrumen pasar uang.

Pantas dipilih oleh pemberi modal pemula dan pemberi modal bertipe konservatif/moderat yang mencari tingkat risiko rendah dengan potensi return lebih tinggi dibandingi reksadana pasar uang.
Reksadana campuran seimbang:

Profil risiko lebih tinggi, tetapi potensi pengembalian / untung imbal hasil juga lebih tinggi. Komposisi penempatan dana seimbang dengan porsi 50% pada pasar saham, dan obligasi/pasar uang.

Pantas dipilih oleh pemberi modal yang telah berpengalaman dalam investasi, dan memahami investasi dengan bagus.

Reksadana campuran dinamis :

Profil risiko tinggi dengan penempatan dana lebih dinamis porsinya pada instrumen obligasi, pasar uang , ataupun saham. Artinya, penempatan dana tergantung pada outlook (pandangan) Manajer Investasi atas beragam elemen.

Risiko tinggi guna menerima profit semaksimal mungkin. Pantas untuk pemberi modal yang telah berpengalaman dan penyuka tantangan serta mau menerima return investasi yang besar.

- Reksadana Saham

Reksadana saham menempatkan dananya minimal 80% ke beragam efek saham dan sisanya, 20% dialokasikan ke pasar uang.

Keunggulan (+) : 

Dapat mulai investasi reksadana pasar modal dengan modal Rp10.000,- dan dapat dibeli secara online di Tokopedia dan Bulalapak
Return / imbal hasil reksadana saham benar-benar tinggi dibandingi reksadana lainnya, namun risiko juga tergolong tinggi.

Pantas untuk pemberi modal penyuka tantangan dan telah berpengalaman dalam investasi.
Pantas untuk investasi rentang panjang, diatas 5 tahun sehingga hasil keuntungannya dapat terasa.

Risiko (-) :

Ada tarif investasi yang dibebankan pada pengurangan hasil investasi yang diterima pemberi modal. Melainkan, dikala beli dan jual reksadana saham melalui platform online, tingkat tarif investasi lebih kecil.

Reksadana saham tak dapat dicairkan tiap dikala. Butuh waktu pencairan sekitar 3-5 hari kerja semenjak transaksi pencairan.
Likuiditas reksadana saham tak sebagus tabungan, investasi dapat untung tinggi dan sebaliknya dapat merugi besar.

3. Tentukan Bentang Waktu Investasi

tentukan waktu

Berinvestasi reksadana memerlukan rentang waktu yang berbeda-beda. Ada yang untuk kurang dari setahun, 1-3 tahun, 3-5 tahun, dan lebih dari 5 tahun.

Untuk rentang waktu kurang dari setahun, sebaiknya Anda memilih reksa dana pasar uang. Untuk investasi 1-3 tahun, Anda bisa memilih reksa dana pendapatan konsisten. Untuk rentang waktu 3-5 tahun, pakailah reksa dana campuran. Terakhir, untuk Anda yang mengharapkan investasi rentang panjang, adalah lebih dari 5 tahun, pakailah reksa dana saham.

4. Langkah-langkah Investasi Reksa Dana

amati langkah-langkahnya

Tentukan mana yang layak dengan keperluan Anda. Berharap uang lebih aman dengan hasil profit yang terbatas? reksa dana pasar uang jawabannya. Pendapatannya konsisten dan terproteksi. Sekiranya anda mau profit yang lebih tinggi dan mampu mendapatkan resiko yang lebih tinggi, reksa dana campuran dan saham merupakan alternatif yang layak.

Langkah kedua, pilih produk reksa dana yang layak dengan alternatif tipe reksa dana Anda. Lihat rekam jejak keuntungannya selama 3 tahun terakhir. Pastikan keuntungannya tetap. Sehingga Anda tahu bahwa Anda tak akan mengalami kerugian.

Anda bisa mencari info lebih lanjut mengenai reksa dana yang Anda butuhkan lewat media dunia online atau menghubungi segera pihak yang memasarkan reksa dana hal yang demikian. Cari tahu tarif yang dikenakan pada reksa dana yang Anda inginkan, meliputi tarif pembelian dan penjualannya. Untuk mengawalinya, sisihkanlah minimal 20% pendapatan Anda untuk investasi reksa dana tiap bulannya.

5. Pastikan Produk Reksadana Ada Izin OJK

Reksadana merupakan investasi yang sah sebab mempunyai izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Perizinan ini mempunyai banyak prasyarat dan bersifat totaliter sehingga bisa diandalkan kebenarannya. Tak cuma itu, manajer investasi yang mengelola reksadana hal yang demikian juga patut mempunyai izin.

Pastikan dahulu dan cek perizinan dari produk reksadana dan manajer investasi Anda. Sekiranya meragukan, Anda memiliki hak untuk menolak tawaran berinvestasi. Pegecekan izin ini juga yakni format upaya preventif supaya Anda tak tertipu oleh format investasi bodong atau abal-abal.
Investasi bodong ada dimana-mana, tak mempunyai izin sebab tak memenuhi standar dan prasyarat dalam mengelola investasi yang bersih dan sehat. Ciri utama investasi reksadana bodong lazimnya menawarkan profit investasi yang benar-benar besar. Tapi, dapat jadi resiko yang ditanggung juga besar.

Jadi, berkeinginan setingi apa bahkan potensi keuntungannya, Anda tak boleh tergiur kalau pihak yang menawarkan tak mempunyai izin yang sah dari OJK.

6. Belajar Pahami Prospektus Reksadana

prospektus reksa dana

Bagaimana Anda mengenal nilai perizinan suatu produk reksadana? Jawabnya, Anda patut belajar membaca dan memahami isi prospektus.

Prospektus bisa dikatakan sebagai buku manual untuk berinvestasi di reksadana. Seluruh tipe info yang Anda butuhkan seputar reksadana ada di sini, mulai dari perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, tarif-tarif investasi, sampai tata metode pembelian dan penjualan reksadana.
Membaca prospektus merupakan hal yang seharusnya dan totaliter. Tak cuma membaca, Anda bahkan patut memahami tiap mendetail isinya dan kalau bingung, tak perlu ragu untuk bertanya.
Sekiranya Anda telah terlanjur berinvestasi dan belum memahami isi prospektus, sebaiknya Anda langsung mengaksesnya. Pemahaman prospektus menjadi hal yang penting sebab menyangkut uang yang Anda investasikan. Tentunya Anda tak mau menyesal sebab minimnya info yang Anda punya bukan? Untuk itu pelajarilah prospektus.

Kecuali itu, betapa lebih bagus kalau jasa reksadana Anda mempunyai metode online untuk memutakhirkan info tentang reksadana. Umumnya, tiap kali akan melaksanakan investasi, Anda akan diingatkan untuk membaca dan mengonfirmasi apakah Anda sudah membaca prospektus.
Kini ini merupakan jalan yang bagus untuk sama-sama tahu. Sehingga Anda bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman. Tentu saja kalau investasi palsu tak akan mempunyai prospektus sebab ciri dari kekerabatan investasi yang sehat merupakan dengan adanya transparansi.

Mulai Investasi Reksadana Dari Mana

Gimana telah mengerti seputar metode investasi investasi Reksadana? Dengan kemajuan teknologi dikala ini seluruh info dapat didapat dengan gampang. Malah dikala ini, ada banyak manajer investasi dan bank penjual reksadana menyediakan web informatif seputar produk dan layanan reksadananya.
Investasi apa saja, kuncinya tetap, Anda patut tetap dan disiplin dalam melaksanakan investasi supaya nantinya hasil investasinya dapat kelihatan. Mulai saja dahulu dari modal kecil, misal Rp. 10.000,- tetapi biasakan tetap misal tiap hari. Lama-lama juga investasi Anda membukit.

0 Response to "Sistem Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Gampang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel